Kiat-kiat Sukses Berbicara di Depan Umum (Presentation Skills)

Berbicara di depan umum atau presentation skills merupakan kemampuan yang penting untuk dipelajari. Dimana, pendapat dan ide-ide cemerlang kita tidak dapat tersampaikan dengan baik jika kita tidak memiliki keahlian ini. Soft skills yang satu ini tidak hanya diperlukan oleh kalangan pejabat ataupun pekerja saja, namun para pelajar dan mahasiswa juga perlu menguasainya.

Kendala yang paling sering dirasakan saat berbicara di depan umum adalah grogi. Yap benar, kita semua pasti mengalami hal itu saat harus presentasi apalagi jika mendadak tanpa ada persiapan. Nah disini saya akan membagikan kiat-kiat sukses saat berbisara di depan umum yang pernah saya dapatkan saat training di kantor beberapa waktu lalu.


credit: public speaking via https://id.pinterest.com/

1. Agar tidak terlihat tegang, akhiri dengan senyum setiap setelah selesai berbicara. 
Hal ini akan mengurangi grogi yang kita rasakan. Karena dengan tersenyum kita juga akan merasa lebih santai saat berbicara.

2. Mata menyebar ke seluruh audiens. 
Nah ini sangat penting, agar semua audiens merasa diperhatikan. Jangan hanya terfokus pada salah satu sisi audiens saja.

3. Mengatur nafas selama presentasi.
Hal ini bertujuan agar kita tidak terburu-buru saat berbicara, seolah-olah kita ingin segera mengakhiri presentasi. Mengatur nafas juga perlu agar saat berbicara suara yang kita keluarkan tidak terdengar bergetar, yang semakin menunjukkan kalau kita sedang grogi.

4. Gunakan alat bantu.
Misalnya kita sedang presentasi di sebuah ruangan, biasanya disana tersedia papan tulis. Nah manfaatkan alat bantu itu untuk memudahkan kita dalam memaparkan materi karena biasanya audiens akan lebih memahami jika diberi gambaran secara visual juga. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat kita sedang menulis sesuatu di papan tulis tersebut, kita juga sesekali harus sambil berbicara untuk menerangkan apa yang kita tulis. Jangan membiarkan audiens terlalu lama menunggu kita menulis.

Selain itu, saat menulis gunakan huruf kapital agar lebih mudah terbaca oleh audiens. Karena  biasanya saat kita menulis didepan umum, kita akan cenderung terburu-buru yang menyebabkan tulisan menjadi tidak karuan dan akan semakin tidak terbaca jika kita tidak menggunakan huruf kapital.

Baca juga: Cara Menyiapkan Makanan Bergizi, Praktis dan Cepat untuk Wanita Karir

5. Sering-sering presentasi di depan orang yang lebih tinggi jabatannya.
Sebetulnya latihan adalah kunci dari kemampuan berbicara di depan umum. Semakin sering diasah maka akan semakin terlatih. Presentasi di depan atasan, guru atau dosen akan membuat kita semakin pintar dalam menyusun kata kata yang akan diucapkan. Maka jangan menolak kalau kita ditunjuk untuk presentasi di depan karena itu akan menambah jam terbang kita dalam berbicara  di depan umum.

6. Mainkan intonasi.
Intonasi yang datar-datar saja saat berbicara akan membuat audiens cepat bosan. Intonasi sangat penting terlebih saat kita sedang berbagi pengalaman pribadi misalnya, saat bercerita tentang sesuatu yang menyedihkan maka intonasi suara direndahkan agar audiens ikut terbawa suasana dan seperti sedang mengalami hal yang sama.

Baca juga: Jalan-Jalan Ke Taman Ade Irma Suryani / Cirebon Waterland

7. Gerakan tangan mendukung.
Gerakan tangan itu perlu namun jangan terlalu berlebihan. Jadi cukup sesekali saja saat memang diperlukan, misalnya untuk memaparkan sebuah bentuk kotak, maka kita buat gerakan seperti menggambar kotak. Jangan terus-menerus menggerakan tangan karena akan menggangu konsentrasi audiens bahkan akan membuat kita semakin terlihat grogi.

credit: public speaking via https://id.pinterest.com/

8. Akhiri presentasi dengan baik.
Untuk menutup presentasi gunakan kalimat yang sesuai dengan materi yang kita sampaikan, dapat juga dengan menggunakan quotes yang nyambung dengan presentasi kita. Menurut saya itu kece banget sih apalagi jika quotes-nya hasil karya sendiri. Jangan lupa ucapkan terimakasih karena telah bersedia menyimak presentasi kita.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Orchid Forest Cikole

Mungkin itu saja kiat-kiat sukses berbicara di depan umum yang bisa saya bagikan. Meskipun saya sendiri masih belajar dan masih sering grogi hehehe tapi mari kita sama-sama belajar untuk meningkatkan kemampuan ini. Jika ada tips-tips lain yang bisa teman-teman bagikan silahkan share di kolom komentar ya.

Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-Jalan Ke Taman Ade Irma Suryani / Cirebon Waterland

[REVIEW] Solusi Rambut Rontok dengan Natur Hair Tonic Ginseng #KuatDariAkar #BackToNatur

Jalan-Jalan ke Orchid Forest Cikole