Jalan-Jalan ke Orchid Forest Cikole

Selamat malam semuanya . . .
Sebetulnya ini kali pertama aku menulis cerita di blog :) jadi mohon dimaklumi jika bahasa yang aku pakai masih berantakan dan acak kadut hehehe.

Dalam tulisan pertama ini aku ingin bercerita pengalamanku jalan-jalan ke sebuah tempat wisata di daerah Bandung Barat, kalian tau sendiri kaaan daerah sana itu terkenal dengan banyak wisata alamnya. Udaranya yang sejuk dikelilingi pohon rindang membuat kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan. Disana banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi seperti Farmhouse, Graffika Cikole, Cikole Jayagiri dan masih banyak lagi.

Pada hari minggu tanggal 8 September 2019, aku dan adikku memutuskan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata disana yaitu Orchid Forest Cikole, alamatnya di Jalan Genteng, Cikole, Lembang Kab. Bandung Barat. Sebenarnya aku ingin mengunjungi tempat ini sejak beberapa bulan yang lalu karena pernah melihat salah satu postingan teman di medsosnya bagus banget dan banyak bunga-bunga lucuuu.

Akhirnya setelah googling-googling lokasi, harga tiket dan foto-fotonya kami memutuskan untuk berangkat pagi hari sekitar pukul 08.30 agar tidak macet. Rumah kami di daerah Bandung Timur sehingga memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai lokasi disana. Diperjalanan kami mengikuti petunjuk arah dari google maps, namun naas nyasar sampai 2 kali :(. Yang pertama nyasar di daerah dago, kami sampai masuk-masuk ke komplek elit disana, yang kedua nyasar di daerah cikolenya, kita malah masuk ke pemukiman warga yang lumayan jauh dan ujung-ujungnya jalannya buntu:(.  Jadi saran aku sih meskipun kita pakai gugel maps tapi sesekali tanya ke warga sekitar untuk memastikan bahwa arah yang kita lalui sudah benar. Estimasi seharusnya sampai dalam waktu 1,5 jam tapi malah jadi 2 jam lebih karena nyasar itu.

Meskipun harus nyasar-nyasar akhirnya kita sampai digerbang Orchid Forest Cikole sekitar pukul 10.30. Disana kita diarahkan untuk ke gerbang tiket, untuk harga tiket 2 orang + motor itu Rp. 75.000,-. Tiketnya harap disimpan yaa karena nanti digerbang utama akan dicek kembali.

Setelah membayar tiket kita masih harus menempuh perjalanan sekitar 10 menit lagi untuk sampai ke gerbang utama, sepanjang perjalanan itu sudah mulai terlihat pemandangan hutan orchidnya, huhuhu jadi makin ga sabar. Sesampainya diparkiran kita langsung bisa menuju gerbang utama, disana sudah banyak pengunjung yang sekedar melihat-lihat atau berfoto hehehe. Naah gerbang masuk ini hanya bisa dipakai untuk akses masuk saja, jadi untuk gerbang keluar itu berbeda lagi tidak lewat gerbang utama ini. Hal ini dilakukan karena hutannya yang cukup luas dan kontur tanahnya yang menurun, sehingga akan melelahkan jika saat pulang kita harus kembali ke atas ke gerbang utama. Tapiiiiii, jangan khawatir di gerbang keluar akan ada kendaraan khusus untuk bawa penumpang kembali ke parkiran atas, Gratis kok :)

Setelah pengecekan tiket, kita masuk ke kawasan hutan orchid, tapi ga terlalu hutan banget sih karena sudah dibuat untuk tempat wisata. Berikut ini foto di gerbang awal masuk, disana sudah banyak mamang-mamang yang nawarin foto pake kameranya.

Setelah masuk lagi ternyata tempatnya memang asyik, banyak spot foto-foto. Udaranya sejuk, meskipun saat itu waktu sudah menunjukan pukul 11.00. Sinar matahari masuk ke dalam sela-sela pepohonan sehingga memberikan efek glowing-glowing saat di foto hehehe. Yang pertama kita datengin kursi-kursi panjang dari kayu semacam di teater gitu, sambil rehat sejenak setelah perjalanan yang melelahkan kita bisa sambil duduk-duduk disana.

Tidak mau membuang waktu, tidak lama kita pun melanjutkan perjalanan mengitari kawasan disana. Kemudian kita menemukan semacam gate gitu yang sepertinya terbuat dari baja, kalau lihat di IG dan google jika malam hari gate ini bisa menyala jadi lebih lucu buat feed di instagram, tapi disiang hari pun gak kalah bagus kok :)

Selain itu ada juga payung-payung dan bola-bola yang menggantung untuk menambah koleksi foto kalian ;)
NB: Maafkan jika fotonya seadanya karena aku tak pandai edit foto :( jadi foto-foto ini asli tanpa filter :*

Ada juga semacam rumah pohon yang kita bisa naikin jadi bisa lihat pemandangan hutan orchid dari atas, wah serunyaa ...

Neeext yang paling ditunggu-tunggu yaitu rumah kaca yang isinya orchid semuaaa :D. Nah tapi disepanjang perjalanan ke rumah kaca itu banyak gate-gate lucu yang dibuat dari kayu dan menggantung bulatan-bulatan tanah. Entah aku pun tidak tau itu gimana tanah bisa dibuat gitu. Barangkali kalian ada yang tau boleh share di kolom comment yaaa :D

Naaah untuk cerita tentang suasana di dalam rumah kaca orchid ini aku akan lanjutkan besok, karena hayati sudah lelaaah, ternyata menulis itu tidak semudah yang dibayangkan :D